Puasa ditinjau dari segi medis

Kesehatan adalah nikmat yang sangat berharga bagi setiap diri manusia, tanpa kesehatan harta pangkat dan jabatan akan sia-sia. Namun manusia paling sulit baginya untuk menjaga dan mensyukuri nikmat yang satu ini, karena Kesehatan baru terasa sangat berharga jika ia sudah lenyap.

Ini adalah sepenggal kalimat yang sudah tidak asing ditelinga kita, sejak kecil kita sudah disuapin dengan slogan-slogan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kemudian apa hubungannya dengan puasa yang kita jalani sekarang ini? disini kita akan melihat, ibadah puasa yang sedang kita jalani, atsarnya bukan cuma kepentingan ukhrawi saja, tapi puasa juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan jasmani. Ternyata puasa yang kita laksanakan bisa mencegah penyakit akibat pola makanan yang berlebihan, karena tanpa adanya pengistirahatan pada perut, bisa mengakibatkan beberapa macam penyakit, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain.

Adapun puasa jika dilihat dari kesehatan jasmani bisa ditinjau dari berbagai aspek, diantaranya:

1)    Memberi kesempatan kepada alat pencernaan untuk istirahat, karena bulan-bulan sebelumnya alat pencernaan kita bekerja keras siang dan malam, maka sudah semestinya kita beri waktu untuk memulihkan sel-sel yang rusak dan meningkatkan fungsi organ-organ tubuh.

2)    membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan di Negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika. Di negara maju tersebut terdapat lembaga kedokteran, lembaga terapi tersebut hanya memerintahkan kepada pasiennya untuk berpuasa, disana para pasien di diagnosa tanpa diberi makan dan minum, dan ternyata hasilnya menakjubkan, banyak pasien yang sebelumnya mempunyai penyakit yang gawat bisa sembuh setelah melalui tahapan  dengan berpuasa. Begitu pula Para peneliti dan ahli kedokteran telah menemukan bahwa puasa secara teratur bisa memblokir bakteri dan virus yang bisa mengganggu kestabilan tubuh.

3)     menambah jumlah sel darah putih sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Inilah bukti dari sabda nabi “suumu tasihhu”.(berpuasalah maka kamu akan sehat). Maka Dengan puasa ramadhan, kita akan mendapatkan dua keuntungan besar, pertama pahala dari Allah, kedua, terjaga dari berbagai macam penyakit.wallahu a’lam.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar