JILBAB, why?

Nggak jilbab, nggak gaul, lho kok biasa? Ya iyalah masa ya iya dong. Alasannya ye, Sekarang ini jilbab sudah semakin trend dan sudah banyak kita temukan para jilbaber(cewek yg make jilbab) dimana saja, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, coba deh kamu perhatiiin, bukan cuma dipesantren dan kampus yang berlabel islam  saja, tapi di Sekolah, perkantoran, Pasar dan kuliah-kuliah umum pun uda gampang kita temuin para muslimah yang make jilbab. Ini menandakan kalo kesadaran berjilbab sudah mulai merasuki para pemudi-pemudi islami. By the way, sebelum kita ngomong terlalu jauh tentang jilbab, kita kudu harus tau dulu apa itu jilbab dan manfaat yang bisa di petik (emang buah mau dipetik) dari busana muslimah ini.

 

Definisi jilbab

Sobat muda muslim, mungkin kejadian ini bisa muncul karena kesalahan dalam memahami dan mendefinisikan jilbab. Rasanya, banyak juga di antara kaum muslimin sendiri agak kesulitan dalam mendefinisikan jilbab. Ada yang bilang bahwa jilbab itu, ya kerudung itu. Kalo ada anak puteri udah pake kerudung, lantas disebut udah pake jilbab. Wah, itu salah besar. Dan jelas belum dikatakan berjilbab. Firman Allah Swt.:

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-nya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.“(QS. al-Ahzab [33]: 59).

Yup, kita coba ngasih penjelasan. Begini sobat, jilbab bermakna milhâfah (baju kurung atau semacam abaya yang longgar dan tidak tipis), kain apa saja yang dapat menutupi, atau pakaian (tsawb) yang dapat menutupi seluruh bagian tubuh. Di dalam kamus al-Muhîth dinyatakan demikian: Jilbab itu laksana sirdâb (terowongan) atau sinmâr (lorong), yakni baju atau pakaian yang longgar bagi wanita selain baju kurung atau kain apa saja yang dapat menutupi pakaian keseharian-nya seperti halnya baju kurung.

Nah, kalo mau pengen tahu penjelasan tambahannya, ada juga keterangan dalam kamus ash-Shahhâh, al-Jawhârî menyatakan: Jilbab adalah kain panjang dan longgar (milhâfah) yang sering disebut mulâ’ah (baju kurung).

Nah, kapan mengenakan jilbab? Yang pasti kalo seorang muslimah pergi keluar rumah. Atau kalo pun di dalam rumah, saat ada tamu asing (bukan mahrom) kamu kudu make jilbab. Sebab tujuannya kan adalah untuk menutup aurat. Oya, untuk bisa disebut mengenakan busana muslimah, maka seorang muslimah harus mengenakan jilbab lengkap dengan kerudungnya. Begitu deh, secara singkatnya.

 

Sebenarnya klo diliat-liat, selama ini banyak sih cewek-cewek yang gengsi make jilbab, (islam tapi malu pake jilbab). Banyak alasan sih, katanya jilbab itu kuno lah, nggak gaul lah, primitive lah, gerah lah, ribet lah sampai ada yang bilang belum siap make jilbab,(aduh nggak masuk bakal banget). soalnya kalo mau jujur sebagian besar dari cewek muslim mereka belum tau masalah ini, jadi serba salah dong, karena terkadang sudah mau pake  jilbab tapi nggak tau ilmunya, nggak pake jilbab, tapi Bergama islam. Nah melalui artikel ini mudah-mudahan temen-temen bisa tergerak hatinya untuk make jilbab dan tidak takut-takut lagi (emang anjing galak yang ditakutin, he,,,he,,he,,)

 

Kata jilbab memang sudah tidak asin(emang telur asin) eh asing lagi dikalangan kita, sebuah busana islami yang menjadi ciri bagi wanita muslimah. Dan identitas islami ini tidak perlu ditakuti(emang uji nyali), tapi hal ini harus dibudayakan dan dipakai oleh para cewek-cewek muslimah, coba deh kita bandingin dengan agama non islam, tau nggak, teman-teman, klo mereka itu sangat bangga make symbol agama-agama mereka, sebut ajalah orang Kristen, coba deh kamu perhatikan, mereka itu senang banget make kalung salib, sampai tattoo salib balik tangan (nadi) mereka, Tapi yang heran, kita yang ngaku umat islam tapi toh malu make identitas islam, kan jilbab juga kan yang bedain kita dengan orang Kristen dan agama-agama yang lain.

 

Okey yah pertanyaan nya sekarang buat apa make jilbab? Hayoo siapa yang bisa jawab.(hmmmm buat apa yah?)oke kita cari sama-sama yuk.

 

yang pertama adalah karena jilbab itu adalah syariat islam yang mesti dijalain. Tau nggak temen-temen kalo jilbab itu hukumnya  W-A-J-I-B, nggak bisa ditawar-tawar lagi, dan wajibnya sama dengan wajibnya salalat 5 waktu dan puasa ramadhan,(yg bener nih…) iya benar make jilbab itu wajib bagi teman-temen yang sudah aqil balig, dan klo ditinggalin akan dapat dosa,(dosa ih takuuuut).dalilnya nih ,”…dan janganlah mereka menampakkan perhisannya(auratnya)kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya..”klo mau lebih lanjut temen-temen bisa liat pada surat Annur ayat 31. Dalam surat Al Ahzab ayat 59 kamu juga bisa liat dalil tentang kewajiban jilbab, ”Wahai nabi, katakanlah pada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-isteri orang mukmin hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka…” Tuh kan bener didalam Al quran dijelasin masalah ini.

 

Trus kedua dengan jilbab kamu akan muda dikenali sebagai wanita muslimah, maksudnya, kan cuma agama islam yang mewajibkan umatnya untuk make jilbab, sedangkan agama Kristen, hindu, budha, kong hucu, tidak mewajibkan make jilbab, nah dengan jilbab yang kamu pake, kamu akan mudah dikenali sebagai wanita muslimah. Benar khan?

 

Ketiga, dengan jilbab juga yang kamu kenakan kamu akan terjaga dari gangguan laki-laki,why? Karena jilbab itu akan menjadi perisai kamu dari godaan laki-laki, asalkan jilbab yang kamu pakai jilbab yang syar’i, coba bandingkan dengan orang yang sekarang yang doyannya make busana irit kain(alias pakaian belum jadi), tentu godaan laki-laki akan tertuju sama dia, soalnya ada pancingan, kaidahnya nih adanya yang memancing karena ada yg dipancing. Tul nggak..?

 

Keempat Dengan busana muslimah/jilbab mudah-mudahan bisa menjaga kamu dari perbuatan dan sifat yang kurang baik. Soalnya nanti kamu akan mikir sendiri,”masa aku make jilbab tapi omongan dan perrbuatanku tidak sejalan dengan jilbab yang aku pakai”.

 

Terkadang nih ada yang koment, ”nggak usah make jilbab, yang pentingkan bisa jaga diri”. Eiiiit tunggu dulu. Pertanyaannya nih, jaga dirinya dengan apa, wong kalo da make pakaian adik kamu yang kecil, sebenarnya kamu telah memperlihatkan kalo kamu nggak dapat jaga diri. Soalnya seluruh auratmu ( yg tidak bisa dipandang laki-laki) terbuka lebar. Tapi dengan jilbab yang kamu pakai insya Allah akan menjaga diri kamu, dan setidaknya menimalisir dari kebiasaan dan perbuatan yang kuran baik.

0 komentar:

Posting Komentar